CERITA HIDUP

Assalamualaikum

Kali ini akan ku ceritakan tentang sejarah perjalanan ku dulu (jiahh kayak jaman penjajahan aja). Tapi, gak apa deh. Gini erita nya...... 

Waktu itu aku kelas 3 sma semester 2, jadi sudah banyak persiapan untuk ujian maupun masuk ke perguruan tinggi. Salah satu persiapan ke perguruan tinggi adalah adanya program pendidikan yang nama nya SNMPTN.Tidak ketinggalan aku pun ikut antusias dengan program itu , karena cukup memberikan nilai kita dan membayar uang pendaftaran terus menunggu hasil nya. Sudah ku putuskan lebih awal bahwa aku harus masuk di bidang kesehatan, khusus nya kebidanan.
Tetapi aku bimbang kembali, karena jurusan kebidanan hanya 1 itu pun di luar kalimantan barat lagipula kuota yang di terima pun terbatas. Sedangkan jelas orang tua ku tidak mengijinkan aku untuk kuliah di luar kalimantan, maklum tidak ada yang menemani mereka (anak tunggal). Dengan beberapa pertimbangan tadi akhir nya aku memutuskan mundur dari SNMPTN UNDANGAN (  ).
Setelah melewati masa SMA, aku menunggu beberapa hari untuk mendaftar di perguruan tinggi.Hari itu adalah hari keberangkan ku ke pontianak,setelah persiapan ku beberapa hari sebelumnya.
Namun, itu bukan untuk mendaftar ke perguruan tinggi , tetapi untuk mengikuti BimBel di salah satu program untuk mengikuti SNMPTN.
Selama 1 bulan aku mengikuti bimbel, susah senang ku rasakan sendiri. Banyak teman dari kabupaten lain berkumpul disana, sayang nya di kelas hanya aku sendiri yang berasal dari Kab. Landak.
Aku layaknya anak kontrakan , waktu itu aku menumpang di kontrakan sahabatku. setiap hari aku mengikuti bimbel kecuali minggu. Biasa ku alami tidak makan untuk beberapa hari, ada beberapa faktor yaitu malas masak, malas beli sayur dan yang paling penting malas keluarin dompet karena persediaan menipis (ckckckck).
Kembali ke bimbel , setelah mengikuti bererapa hari lamanya .Akhirnya ada program SNMPTN TERTULIS, aku kembali antusias mencari informasi. Setelah mendaftar dan membayar uang pendaftaran sebesar 150 ribu aku menunggu hasil. Waktu itu, aku mengambil pilihan FKIP BIOLOGI dan FMIPA BIOLOGI. Tidak sampai di situ saja aku mencari informasi, setelah mendaftar dan sambil menunggu hasil aku juga mendaftra di salah satu AKBID SWASTA di pontianak serta membayar uang pendaftran sebesar 250 ribu aku ikut jalur PMDK. Beberapa hari kemudian aku di informasikan bahwa telah lolos di AKBID tersebut "Alhamdulillah". Nah, di sini terjadi kesangsian ku lagi. Bagaimana tidak "aku sudah di terima di AKBID SWASTA tadi" jadi SNMPTN ku ? tidak fikri , eh fikir panjang aku hubungi orang tua ku, ap yang mereka katakan? "sudahlah, kamu ikut saja apa yang sudahpasti lagipula itu kan memang pilihan awal mu. Yahhh, aku memantapkan pilihan ku untuk itu. Walaupun sudah ada pilihan tetap, aku masih mengikuti bimbel seperti biasa. O ya, aku mjuga mendengar kabar ada jalur PMDK di POLTEKES, tapi info itu sudah terlambat karena tanggal akhir sudah lewat (huffft).

Ada cerita lucu dari bimbel ku, karena pada 1 minggu terakhir aku tidak mengikuti bimbel . Mau tau alasan nya karena apa (nonton film korea) ...
yahhhhh aku di tegur abis sama sahabat ku karena perbuatan ku, hari terakhir bimbel aku juga tidak ikut padahal hari itu adalah pelajaran biologi MasyaAllah pemateri nya handsome..... huhuhuhu
Setelah itu , sedikit penyesalan di hati karena juga gak sempat berpamitan dengan sahabat 1 kelas . Mereka semua telah menentukan jalan nya masing-masing (sedih bukan kepalang). Biarpun pertemuan baru sebulan tapi serasa keluarga sendir.
Mereka semua masuk di perguruan tinggi negeri selain aku, sedikit penyesalan karena aku bimbel untuk mengejar negeri tetapi misi ku gagal. Aku coba untuk tetap tegar mengikhlaskan itu, perlu beberapa hal untuk memantapkan hati.Aku juga mencoba mengambil hikmah, mungkin ini memang jalan yang terbaik untuk kehidupan ku nanti. Mencoba menghadapi apa yang ada di depan ku, untuk yang masih jauh dari jangkauan pandangan ku cukup aku susun kan rencana lanjutan.
Yang terpenting, inilah aku ini jalan hidup ku, dan inilah yang terbaik dari yang terbaik

untuk membangun diri maka bangunlah NURANInya
untuk membangun keluarga maka bangunlah DIRInya
untuk membangun masyarakat maka bangun lah KELUARGAnya
untuk membangun bangsa maka bangun lah MASYARAKATnya
inti dari semua itu adalah untuk mewujudkan bangsa yang maju maka bangun lah NURANI setiap orang nya.

Wassalam


Categories:

Leave a Reply